Pantai Batu Hiu Pangandaran

GreenSantirah.com - Pantai Batu Hiu adalah salah satu objek wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran. Objek wisata yang terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi ini berjarak kurang lebih 14 Km dari Pantai Pangandaran. Di pintu depan menuju bukit kecil, wisatawan akan memasuki lorong dalam perut patung hiu buatan. Selain bukit kecil tersebut, disana juga terdapat Pohon Pandan Wong yang tumbuh sejak ribuan tahun lalu.

Dari puncak bukit kecil yang ada disana terlihat indah bentangan Samudra Indonesia yang biru. Disana juga terlihat gulungan ombak-ombak yang tak henti menerjang karang, karang-karang yang ada disana pun menjadi pelengkap keindahan Pantai Batu Hiu.

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Kenapa Namanya Batu Hiu?

Selain memiliki panorama yang indah, Pantai Batu Hiu ini memiliki sejarahnya sendiri, bahkan nama Batu Hiu itu sendiri pun ada asal usulnya. Diantara deburan ombak dan sejuknya angin laut terdapat sebuah batu karang menyerupai ikan hiu yang kini telah terkikis oleh terjangan ombak dan hanya menyerupai sirip ikan hiu.

Dengan berbagai kisah dan legenda yang ada di masyarakat sekitar, batu karang yang menyerupai ikan hiu tersebut menjadi alasan mengapa pantai ini di nama kan pantai Batuhiu. Begitulah kisah asal-usul singkatnya seperti yang dikutip dari laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Aktifitas Apa Saja Yang Dapat Dilakukan di Batu Hiu?

Selain bisa Explorasi bukit Batu Hiu, Bermain dengan fasilitas yang ada di taman bermain, jogging, disana juga terdapat banyak spot untuk selfie atau berfoto. Tak hanya itu, ada juga spot untuk memancing untuk yang suka mancing. Kemudian, tak jauh dari bukit kecil Pantai Batu Hiu terdapat penangkaran penyu, Anda bisa mengunjungi Konservasi Penyu Laut yang letaknya dekat pantai.

Untuk menuju kesana tidak harus naik kendaraan, cukup berjalan kaki sekitar beberapa menit saja dari bukit Batu Hiu ke lokasi Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu. KPBL Batu Hiu didirikan atas gagasan Bapak Didin yang prihatin terhadap kian maraknya perburuan dan pengambilan penyu untuk dikonsumsi ataupun perdagangan.

Jika anda datang tepat pada masa pelepasan tukik/anak penyu, anda berkesempatan untuk bisa menyaksikan bahkan ikut Melepas tukik / anak penyu tersebut. Oh iya, berkunjung ke konservasi penyu tidak dipungut biaya apa-apa, cuma ada sebuah kotak kayu bila Anda berniat menyumbang dengan sukarela untuk menunjang aktivitas KPBL Batu Hiu dalam melindungi satwa langka di Indonesia.

Berapa Tiket Masuk Ke Objek Wisata Pantai Batu Hiu?

Berikut informasi tiket masuk ke Pantai Batuhiu terbaru yang di keluarkan oleh dinas terkait (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran). Tiket yang di bayar tersebut sudah termasuk iuran kebersihan, keamanan, dan juga asuransi
  • Pejalan kaki Rp 6.000/orang
  • Sepeda motor Rp 14.000
  • Jeep (sedan) Rp 37.500
  • Mini Bus Kecil Rp 65.000
  • Mini Bus Besar Rp 92.500
  • Bus Kecil Rp 126.000
  • Bus sedang Rp 188.000
  • Bus Besar Rp 310.000
Demikian informasi Pantai Batu Hiu Pangandaran ini. Jika anda tertarik untuk berkunjung kesana anda bisa datang langsung atau mempercayakan perjalanan wisata anda pada beberapa provider yang ada di Pangandaran, atau lihat informasinya pada artikel Paket Wisata Pangandaran. Selamat berkunjung di Pantai Batu Hiu Pangandaran.